Tuesday, July 1, 2014

Pengertian Belajar dan Jenis Belajar


Pengertian Belajar ( Learning )

Menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu tingkah laku sebagai hasil interaksi dalam memenuhi kebutuhan hidup. Perubahan-perubahan tersebut akan nyata dalam seluruh aspek tingkah laku.

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh  suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.
Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya karena itu sudah tentu tidak setiap perubahan dalm diri seseorang merupakan perubahan dalam belajar. Maka dari itu adapun perubahan-perubahan yang terjadidapat di golongkan dalam aspek kematangan, pertumbuhan.

 Jika demkian, Apakah ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar ?
a.       Adanya perubahan yang terjadi secara sadar
b.      Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional
c.       Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
d.      Perubahan dalam belajar bersifat sementara
e       Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah dan
f.        Perubahan yang mencakup seluruh aspek tingkah laku

Menurut R. Gagne belajar ialah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan dan tingkah laku. Adapun pernyataan yang lain dari J. Burner bahwa belajar adalah tidak untuk mengubah tingkah laku seseorang tetapi mengubah kurikulum sekolah menjadi sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar lebih banyak dan mudah.

Jenis-Jenis Belajar

a.    Belajar bagian ( part learning, fraction learning )
     Belajar bagian dilakukan oleh seseorang bila ia dihadapkan pada materi belajar yang bersifat luas atau ekstensif.

b. Belajar dengan wawasan ( learning by insight )
     Konsep belajar ini dikenalkan oleh W. Kohler, salah seorang tokoh psikologi Gestalt 1971. Sebagai suatu konsep wawasan merupakan pokok utama dalam pembicaraan psikologi belajar dan proses berfikir.

c.  Belajar Diskriminatif ( discriminatif learning )
     Belajar diskriminatif ini diartikan sebagai suatu usaha untuk memilih beberapa sifat situasi/stimulus dan kemudian menjadikannya sebagai pedoman dalam bertingkah laku. Dengan pengertian seperti eksperimen, subjek diminta untuk merespon secara berbeda-beda tertahap stimulus yang berlainan.

 d.  Belajar global keseluruhan ( golbal whole learning )
     Disini bahan pelajarn dipelajari secara keseluruhan berulang-ulang sampai pelajar menguasainya, lawan dari belajar ini adalah belajar bagian seperti yang diutarakan di atas tadi.

 e. Belajar instrumental ( instrumental learning )
      Pada belajar instrumental, reaksi-reaksi seseorang siswa yang diperhatikan diikuti oleh tanda-tanda yang mengarah pada apakah siswa tersebut akan mendapat hadiah, hukuman, atau berhasil dan gagal.

 f.  Belajar intensional ( intentional learning )
      Belajar dalam arah dan tujuan, merupakan lawan dari belajar insidental.
Sekian dulu pemaparan mengenai pengertian belajar dan jenis belajar dari saya, pada kesempatan berikut saya akan menampilkan materi “ Cara Belajar yang Efektif ”

Demikianlah pemerapan saya mengenai definisi dari belajar dan jenis-jenisnya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua,  selanjutnya saya akan menambah lagi wawasan kita dengan berbagai materi-materi lain.
salam penulis Idho   ^_^
banner
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Di Zeus Bola Hanya dengan 1 UserID, Anda sudah bisa bermain berbagai macam jenis permainan Poker kami yaitu :
    - POKER
    - CEME KELILING
    - DOMINO
    - CEME
    - CAPSA SUSUN
    - SUPER 10
    - OMAHA
    DAN MASIH BANYAK LAGI LOHH

    PROMOSI TERBARU ZEUSBOLA ADALAH BONUS CASH BACK DAN NEW MEMBER PLUS EXTRA TURNOVER LOHH

    Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!


    ReplyDelete