Wednesday, July 2, 2014

50 Orang Tewas Akibat Ledakan Bom di NIGERIA

  

Sebuah bom yang meledak di pasar kota Maiduguri, Nigeria, Timur laut , Selasa 1/7/14
diperkirakan lebih dari  50 orang tewas dalam insiden tersebut.

Berdasarkan keterangan beberapa keterangan, bom tersebut disembunyikan di bawah muatan batu bara pada mobil bak terbuka, ucap para saksi yang disembunyikan namanya karena takut mendapat balasan, adapun menurut mereka, mereka melihat sekitar 50 jenazah dan 5 mobil serta beberapa becak yang terbang akibat ledakan bom tersebut.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas insident ini, namun menurut kelompok Boko Haram yang tengah memperjuangkan adanya masyarakat islam di negara Afrika itu, sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas beberapa pengeboman dan penembakan di Maiduguri dan sepanjang wilayah nigeria.

Pihak militer telah berupayah untuk melawan Boko Haram sejauh ini, namun belum berhasil menumpas pemberontakan yang sudah ada sejak tahun 2009 dan telah menggoyahkan sebagian besar wilayah timur laut negara penghasil minyak terbesar di Afrika itu.

Sebelum berita mengenai ledakan bom tersebut. Militer Nigeria juga telah mengatakan telah menahan seorang pengusaha yang diduga menjadi otak intilejen Boko Haram dan membantu rencanakan penculikan lebih dari 200 siswi. Penculikan 276 siswi dan Chibok pada April lalu, 219 diantaranya masih mereka sandera dan menjadi simbol ketidakberdayaan pemerintahan Presiden Goodluck Jonathan untuk melindungi rakyatnya.

Editor Penulis  : Idho kurniawan
Sumber           : Waspada, Google

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: