Sunday, March 1, 2015

Penjelasan Penyakit Kanker dan Tanda-Tandanya

BLOGKITABAY- Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan paling ditakuti oleh setiap manusia. Kebanyak penyakit kanker menyebabkan kematian. Berdasarkan survey yang dilakukan terdapat bahwa di Amerika serikat dan negara berkembangkan lainnya kanker menyebabkan sekitar 25% dari seluruh kematian. Dalam setahun, sekitar 0,5% dari populasi terdiagnosa kanker. 

Di Indonesia sendiri, kanker menjadi penyumbangkan kematian terbesar ketiga setelah penyakit jantung, adapun penyebab utamanya ialah pola hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, merokok, dan pola makanan yang tidak sehat. Rokok menjadi penyebab utama kanker, sekitar 22% kematian disebabkan karena kanker dan 71% kematian karena kanker paru-paru di seluruh dunia.



Penyebab kanker berasal dari asal muasal satu sel, perubahan dari sel normal menjadi sel tumor adalah proses banyak fase. perubahan tersebut ditimbulkan dari interaksi faktor genetika seseorang dan tiga kategori penyebab eksternal. Menurut WHO (World Health Organization) ketiga kategori tersebut mencakup :

a. Physical Carcinogen, seperti Ultraviolet dan radiasi on
b. Chemical Carcinogen, misalnya ansestos (komponen rokok) aflatoksin (kontiminan makanan) dan arsenik.
c. Biologycal Carcinogen, seperti infeksi virus, bakteri dan parasit.

Adapun beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan kanker yaitu infeksi kronis hepatitis B (HBV) hepatitis C ( HCV) dan juga beberapa tipe human vivilloma virus (HPV) atau yang lebih dikenal dengan kanker leher rahim.

Penyakit Kanker dapat dilawan dan disembuhkan jika perawatan dilakukan mulai sejak awal. untuk itu perilaku hidup menjadi faktor utama dari penyebab timbulnya penyakit kanker pada diri manusia diluar faktor keturunan, lingkungan, pemanfaatan jasa kesehatan layanan yang ada. 

Tanda-Tanda Penyebab Penyakit Kanker :

Ada beberapa tanda-tanda yang dapat menyebabkan jika kalian terinfeksi penyakit kanker seperti berikut :

1. Rasa sakit tak kunjung sembuh
2. Perubahan dari kebiasaan usus normal 
3. Perubahan pada tahi lalat atau tompel 
4. Adanya benjolan disekitar payudara atau bagian tubuh lainnya
5. Suara serak atau batuk yang terus-menerus
6. Berkurangnya pendengaran, diiringi suara bising di kuping yang sama
7. Adanya pendarahan yang tidak normal atau keluarnya cairan

Tanda-tanda ini tidak serta-merta menandakan jika terinfeksi kanker, namun, bila terjadi terus-menerus, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Sumber : Selgomz.com
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: