Sunday, March 15, 2015

Penjelasan Mengenai Internet Marketing ( E-Marketing)

BLOGKITABAY- Internet Marketing adalah Suatu jasa atau barang yang dipasarkan melalui media internet yang biasa disebut dengan e-marketing, web marketing, atau online marketing. Manfaat yang diperoleh dengan adanya e-marketing yakni membantu bisnis anda secara online dan offline. Sekarang banyak orang yang lebih suka dengan penjualan produk atau barang yang dilengkapi dengan email, yang mana melalui email tersebut bisa untuk melalukukan proses pemesanan produk atau barang secara online.

Penjelasan tentang internet marketing, Apa itu internet marketing dan Macam-macam jenis internet marketing.

a. Internet Marketing

Istilah marketing itu bisa dikatakan sebagai pemasaran, apabila anda memiliki barang yang dijual (misalnya baju) maka baju tersebut agar cepat laku perlu di promosikan atau dipasarkan. oleh karenanya mempromosikan ini dengan cara di pasarkan, sedangkan pemasaran itu disebut dengan marketing. Cuma yang biasanya anda lakukan marketingnya secara door to door, tapi disini saya akan coba menjelaskan marketing secara online menggunakan internet. Mungkin lebih jelasnya saya buatkan sebuah pertanyaan : Apakah memasarkan produk (misal baju) di facebook itu disebut internet marketing? Iya betul,, itu merupakan internet marketing menggunakan Facebook. Tidak hanya facebook saja, anda bisa menggunakan sosial media lainnya untuk memasarkan produk anda secara online dan gratis! Dari sini sudah faham belum? Jika belum anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara membuat email baru di gmail, yang mana pada artikel ini nanti juga saya jelaskan tentang contoh email marketing, jadi sebaiknya anda baca dahulu cara membuat email tersebut.

Internet Marketing juga bisa mewakili suatu perusahaan untuk memasarkan produknya melalui dunia maya (internet). Apabila anda ingin memiliki bisnis hanya menggunakan strategi Internet Marketing itu tidak perlu menyediakan kantor maupun toko, cukup dipasarkan secara online, adapun beberapa kelebihan dari bisnis online ini yaitu :

1. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Misalnya, untuk sewa toko dan sebagainya

2. Anda tidak harus capek menjaga toko, karena pembeli langsung menghubungi via email, BBM, atau Sms.

Disini yang penting hanyalah sambungan ke Internet, apabila anda sudah mempunyai sambungan internet maka yang harus anda lakukan yaitu memasarkan secara online, baik itu melalui website pribadi ataupun melalui facebook.

b. Email-Marketing

Email Marketing adalah kegiatan mengirim suatu informasi harga produk atau jasa ke alamat email orang lain. Misalnya, anda ingin memberikan informasi mengenai produk yang anda jual ke banyak orang yang anda ketahui, maka cara yang bisa anda lakukan yaitu mengirimkan detail harga yang anda tawarkan melalui email yang sudah anda ketahui tadi. Maksudnya disini yaitu dari pada anda menyebar brosur di pinggir jalan, lebih baik kita menyebar informasi ke banyak email. Tapi cara ini kurang efektif, karena terlihat seperti Spam email, lebih baik anda mengirim via email ke alamat email seseorang yang anda kenal saja agar tidak terlihat seperti spamers.

c. Macam-macam Internet marketing  :

1. Sales website
Sales website merupakan bentuk terbaik sebagai strategi untuk marketing di internet. Sebuah Individu atau Perusahaan yang  membuat website untuk menawarkan produknya kepada calon customer melalui website itu merupakan strategi yang bagus. Alurnya seperti ini : Customer akan mengunjungi website, lalu melakukan pemesanan, kemudian akan melakukan pembayaran secara online atau via transfer bank, selanjutnya anda mengirimkan barang yang dipesan ke customer anda. Transaksi yang cukup mudah bukan? Transaksi ini dilakukan oleh customer melalui komputer yang terhubung ke internet, jadi tidak perlu repot keluar rumah! Asal ada internet semua beres.

2. Websites Informasi
Website informasi merupakan website yang berisikan tentang informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi di dalam website tersebut berisi informasi yang bisa dibaca oleh calon customer kita agar calon pembeli bisa lebih faham tentang produk atau jasa yang kita tawarkan. Misal, kita mempunyai usaha biro perjalanan wisata, supaya banyak orang yang tahu tentang harga yang kita tawarkan maka perlu di publikasikan di website, tujuannya agar customer bisa melihat informasi secara jelas tanpa harus datang ke kantor biro perjalanan wisata anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai internet marketing atau E-Marketing, semoga dapat menambah wawasan kita semua mengenai dunia bisnis online.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: