Wednesday, July 1, 2015

Pengertian E-Commerce Serta Manfaatnya

BLOGKITABAY- Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, dan segala macam bentuk teknologi yang ada di masa sekarang ini, membuat semua orang dapat melakukan sesuatu dengan instan. seperti contoh dengan adanya E-Commerce.


E-Commerce atau dalam bahasa indonesia disebut perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, radio, dan jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Commerce merupakan bagian dari e-business yang dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, palayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. 

Istilah E-Commerce dapat saja diartikan berbeda-beda oleh setiap orang, yang penting adalah persama-persamaannya. e-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan dan dapat diaplikasikan hampir disetiap jenis hubungan bisnis.

Sejarah dan Perkembangan E-Commerce :

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.

Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.

Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Manfaat Menggunakan E-Commerce :

1. Manfaat E-Commerce bagi Organisasi :
- Memperluas pasar ke pasar nasional dan internasional
- Mapar mengurangi biaya pengolahan, pendistribusian, penyimpanan dan pengambilan informasi berupa kertas.
- Mengurangi waktu antara pengeluaran modal dan penerimaan produk dan jasa
- Mendukung upaya business dan proses reenginering (BPR)
- Menurunkan biaya telekomunikasi karena internet jauh lebih murah dan cepat.

2. Manfaat E-Commerce bagi pelanggan :
- Memungkinkan pelayanan untuk berbelanja/ melakukan transaksi selama 24 sehari
- Menyediakan banyak pilihan bagi pelanggan.

3. Manfat E-Commerce bagi masyarakat :
- Dapat mempermudah masyarakat untuk berbelanja secara praktis tanpa harus keluar rumah
- Dapat melihat harga yang pas untuk ekonomi masyarakat menengah/kebawah
- Memungkinkan masyarakat-masyarakat yang ada diperdesaaan untuk menikmati produk/jasa yang sulit tersedia di daerahnya.

4. Manfaat E-Commerce bagi Conventional :
- Membantu masyarakat untuk menjangkau biaya yang murah selagi kritis
- Adanya kontak sosial antara pegadang dan pembeli
- Menggambarkan denyut nadi perekonomian rakyat luas.

Refrensi : Wikipedia/E-commerceline
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: