Monday, May 4, 2015

Pengertian Kanker Hati Dan Faktor Penyebabnya

BLOGKITABAY- Pada umumnya, kanker hati bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak atau pun orang dewasa. Kanker hati adalah kanker yang disebabkan oleh adanya tumor yang ditimbulkan dari pertumbuhan sel hati secara tidak normal dan bukan akbiat keganasan dari organ lain dan menyebar ke hati. kanker hati sering menyebabkan keluhan hanya setelah beberapa waktu dan kemudian mengalami gejala seperti penyakit kuning, anoreksia, kelelahan dan nyeri.

Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 33.000 kasus baru kanker hati setiap tahunnya. Angka ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penderita hepatitis B dan C yang saat ini mencapai 30 juta jiwa.



Lalu apakah yang menjadi penyebab dari adanya kanker hati ?

Berdasarkan informasi yang dikutip dari beberapa sumber, kanker disebabkan kerusakan pada sel-sel hati, seperti sirosis atau pengerasan hati, hepatitis B, C yang sangat kronis. paparan senyawa beracun aflatoksin, penyakit glikogen pada anak dan diabetes, 

Adakah gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit Kanker Hati ?

Berbicara tentang gejala kanker hati, biasanya orang tidak akan menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka memiliki kanker pada tahap awal penyakit. Jika ada tanda-tanda muncul, bisa meliputi penurunan berat badan drastis, kehilangan nafsu makan, sering mengalami nyeri pada daerah perut bagian atas, warna kekuningan pada mata dan kulit, pembengkakan perut, pembesaran hati, kelelahan kronis dan kelemahan, serta muntah. Jika Anda melihat jenis gejala-gejala kanker hati, segera periksakan ke dokter, Mereka akan melakukan tes yang diperlukan dan diagnosis yang berkaitan dengan penyakit ini.

Bagaimana melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker hati ?

Resiko kanker hati dapat dikurangi dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti olah raga teratur dan mengaja pola makanan, dan menghindari konsumsi minuman keras dan rokok. selain itu pencegahan kanker hati juga dapat dilakukan dengan memberi vaksin pelawan hepatitis.

Nah, itulah sedikit pemaparan kali ini mengenai pengertian dari penyakit Kanker Hati. semoga dapat menambah wawasan kita untuk lebih menjaga pola hidup sehat.

Sumber : Merdeka.com / alodokter.com
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: